Kalkulator Kehamilan Bantu Bunda Pantau Perkembangan Janin

 Kehamilan adalah suatu proses dinamis, sebab banyak hal bisa berubah dan membahayakan ibu serta janin seperti tekanan darah tinggi yang tiba-tiba naik, janin kurang atau kelebihan gizi, dan lain-lain. Oleh karena itu sangat penting memantau perkembangan janin agar kelak buah hati dapat lahir dengan sehat dan selamat.

Pemeriksaan rutin wajib dilakukan sebagai upaya menjaga janin dan memantau tumbuh kembangnya. Bidan atau dokter akan meminta Bunda untuk melakukan kontrol rutin 1 kali setiap trimester 1 dan 2, kemudian akan lebih sering lagi pada trimester 3 karena mendekati persalinan.

Nah, ini dia sedikit ringkasan perkembangan janin yang bisa Bunda ketahui.

Perkembangan Janin Minggu per Minggu

Tanda awal kehamilan adalah ketika Bunda merasa bahwa mentruasi datang terlambat. Pada minggu ke-5 kehamilan hormon HCG mengalami peningkatan, sehingga test pack akan menunjukkan garis 2 atau positif kehamilan.

Pembuahan terjadi paling cepat 2 minggu setelah HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir). HPHT ini juga bisa digunakan untuk mengetahui perkiraan persalinan yaitu HPHT + 40 minggu.

Di bulan pertama kehamilan, plasenta akan terbentuk. Plasenta ini berfungsi untuk menyalurkan nutrisi bagi janin. Air ketuban juga akan mulai diproduksi 12 hari setelah pembuahan dan kantong ketuban terbentuk.

Pada minggu ke-11 bakal mata, bakal hidung, bakal mulut, bakal telinga, bakal tangan dan kaki akan mulai terbentuk. Organ janin juga mulai terbentuk. Janin terlihat melengkung seperti huruf C. 

Pada akhir trimester 1 janin sudah melewati masa kritis dan siap berkembang lebih pesat lagi.

Memasuki trimester 2, tulang dan tengkorak janin mulai mengeras. Kemampuan mendengarnya pun meningkat. Bunda akan mulai merasakan tendangan janin dan jantung yang mulai berdebar. Ketika melakukan USG, Bunda bisa melihat janin yang sudah berekspresi.

Minggu ke-20 adalah waktu yang tepat untuk melakukan USG jika Bunda ingin mengetahui jenis kelamin janin karena alat kelamin sudah terbentuk dengan baik.

Pada minggu ke-25, alis dan rambut janin mulai tumbuh. Berat badannya bertambah karena mulai ada lemak.

Trimester 3, otot dan paru-paru janin akan makin berkembang walaupun belum sempurna. Lemak pada tubuh terus bertambah membuat kulit janin semakin halus.

Bunda mungkin akan terkejut memasuki minggu ke-30 sebab tendangan janin akan semakin kuat, mungkin juga akan beberapa kali mengalami kontraksi palsu.

Minggu ke-37 hingga minggu ke-42 adalah waktu yang baik untuk melakukan persalinan karena paru-paru janin sudah matang, berat badannya sekitar 3 kg dengan panjang badan 48 cm.

Bunda perlu mengetahui tanda awal persalinan yaitu ketika merasakan satu atau dua  hal di bawah ini :

1. Perus mulas-mulas yang teratur, timbulnya semakin sering dan semakin lama

2. Keluar lendir bercampur darah dari jalan lahir atau keluar cairan ketuban dari jalan lahir

Jika muncul salah satu tanda di atas, segera pergi ke fasilitas kesehatan. 

Hal penting yang tidak boleh dilewatkan selama kehamilan adalah periksa rutin ke bidan/dokter. Bidan/dokter akan membantu Bunda melewati setiap fase kehamilan dengan baik seperti pemeriksaan detak jantung janin, pemberian tablet tambah darah, asam folat juga vitamin lainnya, selain itu bidan/dokter akan menginformasikan apa saja yang harus Bunda lakukan agar janin dapat tumbuh dengan sehat dan normal.

Jika ini adalah kehamilan pertama Bunda pasti banyak kekhawatiran, tenang… mungkin bunda butuh Kalkulator Kehamilan yang akan menemani Bunda dengan informasi penting seputar kehamilan.

Kenal Lebih Jauh dengan Kalkulator Kehamilan Plus

Kalkulator Kehamilan Plus adalah aplikasi yang membantu menghitung hari perkiraan persalinan atau kelahiran dan umur atau usia kehamilan.

Fitur-fitur yang ada pada aplikasi ini :

- Menentukan hari perkiraan lahir bayi dengan cukup akurat
- Kalkulator HPHT
- Milestone perkembangan janin dalam kandungan
- Menyimpan data bidan atau dokter atau profesional medis lain yang akan menjadi penolong persalinan (via gmaps)
- Memberikan informasi panjang badan, berar badan dan usia janin
Aplikasi ini juga mampu menyimpan catatan yang dianggap penting selama kehamilan ataupun menjelang kelahiran. Selain itu, terdapat juga fitur notifikasi saat Bunda memasuki trimester berikutnya atau sudah memasuki hari taksiran kelahiran.

Bunda bisa menggunakan kalender kehamilan pada aplikasi ini sehingga hati Bunda sedikit tenang sebab sumber ketakutan adalah ketidaktahuan.

Hal yang penting juga… pastikan Bunda bahagia menjalani hari-hari kehamilan dengan segala dramanya. Selamat menanti lahirnya buah hati di dunia ini.

Semoga artikel ini membantu Bunda sedikit dalam memahami perkembangan janin dan pentingnya memantau perkembangan janin secara rutin.

Salam sehat dan bahagiaa…
Ciani Limaran
Haloo... selamat bertualang bersama memo-memo yang tersaji dari sudut pandang seorang muslimah.

Related Posts

Posting Komentar